|
Microsoft Word adalah program aplikasi untuk pengolahan kata dibawah sistem operasi Windows. Berguna untuk pembuatan surat, naskah dan banyak hal lainnya.
A. MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT WORD
Tampilan Ms. Word dibawah ini adalah Ms. Word 2000. Tampilan tersebut tidak jauh berbeda dengan Ms. Word versi sebelumnya atau sesudahnya. Sedikit perbedaannya dengan versi sebelum atau sesudahnya hanya dari segi penampilan atau penambahan beberapa item untuk mempermudah pembuatan dokumen. Dan perubahan itu akan selalu ada pada setiap versi berikutnya.
Menu Bar |
Aktifkan Microsoft Word melalui Start-Programs-Microsoft Word atau mengklik 2 kali pada icon Ms. Word. Kemudian akan terlihat Ms. Word seperti tampak dibawah ini :
Title Bar |
Status Bar |
Toolbar |
AREA TEKS |
Scroll Bar |
Ruler |
Title Bar : Terletak dibaris atas yang menunjukkan nama aplikasi dan dokumen yang aktif.
Menu Bar : Terletak di bawah title bar, berisi menu Pull down (menu yang bisa digulung ke bawah)
Tool Bar : Berisi kumpulan tombol untuk mempermudah pengoperasian, umumnya sama dengan memilih perintah pada menu bar (memakai mouse).
Status Bar : Bagian paling bawah yang berisi informasi tentang dokumen yang aktif, jumlah halaman, posisi kursor dan lain-lain.
Ruler : Mistar yang membantu pengaturan margin dan tabulasi.
Area Teks : Tempat pengetikan
B. MENJALANKAN PERINTAH PADA MS. WORD
Pada umumnya menjalankan perintah pada program aplikasi dalam hal ini Ms. Word bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu :
1. Melalui Menu Bar dengan memilih salah satu perintah yang ada di dalamnya.
2. Melalui Tool Bar dengan cara mengklik secara langsung salah satu tools dengan mouse.
Untuk menampilkan toolbar yang dibutuhkan pilih menu VIEW-TOOLBAR.
3. Melalui Keyboard dengan menekan tombol tertentu, biasanya disebut Shortcut Key. Misalnya menekan Ctrl+N untuk membuka file baru. Untuk memanggil salah satu menu pada menu bar, perhatikan huruf yang digarisbawahi, misalnya File, untuk membuka menu ini tekan tombol Alt+F. Penggunaan tombol Alt+(huruf yang digarisbawahi) pun berlaku pada item didalam kotak dialog.
Apabila kita tidak mengetahui suatu perintah atau memerlukan penjelasan lebih dalam mengenai Ms. Word, dapat diketahui melalui fasilitas Help atau dengan menekan tombol F1, di keyboard.
C. NOTASI GAMBAR
v Icon
v Tool
v
v
v Check Box (pilihan yang aktif bisa salah satu atau lebih dari satu)
v Combo Box (bila diklik anak panah disampingnya akan muncul pilihan lainnya)
D. BEBERAPA ISTILAH DALAM MS. WORD
Kotak Dialog : kotak yang berisi item pilihan, yang akan muncul apabila kita melakukan suatu perintah, misalnya perintah untuk menyimpan file.
Mouse : alat bantu yang biasa digunakan pada lingkungan Windows. Pointer (penunjuk) yang tampak pada layar monitor akan berpindah posisinya tergantung gerakan mouse kita.
Click : menekan tombol mouse satu kali.
Double Click : menekan tombol mouse dua kali berturut-turut dalam interval waktu yang dekat.
Drag : menekan mouse satu kali pada objek lalu ditahan dan digeser.
Drop : proses lepas klik mouse setelah operasi drag.
Menu Terkait : adalah menu yang akan muncul apabila diklik tombol sekunder pada mouse, apabila tombol kiri sebagai tombol primer maka menu terkait akan muncul apabila kita menekan tombol kanan mouse. Disebut menu terkait karena menu yang muncul terkait berhubungan dengan operasi yang kita lakukan dimana pointer mouse berada. Misalnya : pointer mouse berada di daerah teks, maka menu yang muncul berkaitan dengan format teks, jika berada pada gambar atau objek maka menu yang muncul berhubungan dengan objek tersebut.
Kursor : sebutan untuk penunjuk yang berupa garis tegak dan berkedip-kedip yang hanya bisa digerakkan dan dipindahkan pada area yang sudah ada naskah ketikan. Sedangkan bentuk kursor yang ditunjukkan oleh mouse seperti huruf I.
Beberapa fungsi tombol pada keyboard
Panah : Menggerakkan kursor satu huruf atau satu baris.
Page up/Page Down : Menggulung satu layar keatas / bawah.
Home / End : Memindahkan kursor ke awal / akhir baris.
Delete : Menghapus satu huruf / karakter dari sebelah kanan/depan huruf.
Back Space (¬) : Menghapus satu huruf / karakter dari sebelah kiri / belakang huruf.
E. OPERASI DASAR
1. Membuat Folder
Folder atau directory adalah tempat untuk menyimpan file-file. Folder perlu dibuat untuk pengelompokkan file sehingga mudah untuk pencariannya.
Pada kotak Dialog OPEN dan SAVE AS, terdapat tools untuk membuat folder baru. Atau melalui Windows Explorer lalu pilih menu FILE-NEW-FOLDER. Lalu ketikan nama foldernya.
2. Membuka File
a. Membuka file baru
Dengan cara menekan FILE-NEW atau tekan tool
b. Membuka file yang sudah ada
Dengan cara memilih menu FILE-OPEN atau tekan tool sehingga muncul kotak dialog
Pilih folder atau lokasi file pada box Look in |
Create New Folder |
Ketikan nama filenya |
|
3. Menyimpan File
Pilih menu FILE-SAVE atau FILE-SAVE AS atau menekan tool , pilihan tersebut akan menampilkan kotak dialog yang serupa dengan kotak OPEN, perbedaannya hanya pada Title Bar yang tertulis Save As, Look in menjadi Save in, dan button OPEN menjadi Save.
a. Save apabila kita menyimpan file yang baru dengan nama baru atau menyimpan file lama dengan file yang sama.
b. Save As apabila file lama ingin disimpan dengan nama lain atau nama baru sehingga terdapat 2 file yang isinya hampir sama.
Ketika mengetikkan nama file, extension.doc tidak perlu. Misalnya : Praktikum.doc, cukup ditulis dengan nama Praktikum.
4. Memblok
Untuk memberi batasan pada teks yang akan di format, dipindahkan, dikopikan dan dihapus. Memblok bisa dilakukan dengan cara :
a. Memakai mouse dengan mendrag pada posisi yang diinginkan.
b. Memakai keyboard dengan menekan tombol Shift + ® ¯ ¬
5. Mengkopi
a. Dengan Mouse, posisikan pointer mouse pada teks yang terblok lalu Drag + Ctrl pada keyboard yang diinginkan.
b. Melalui Menu EDIT-COPY pada teks yang terblok lalu pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan lalu EDIT-PASTE untuk menampilkannya.
c. Dengan toolbar tekan pada teks yang terblok, pindahkan kursornya lalu tekan
6. Memindahkan
a. Dengan Mouse, posisikan pointer mouse pada teks yang terblok lalu drag ke posisi yang diinginkan.
b. Melalui Menu EDIT-CUT pada teks yang terblok, pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan lalu EDIT-PASTE untuk menampilkannya.
c. Dengan toolbar tekan pada teks yang terblok, pindahkan kursornya lalu tekan
Baik operasi pengkopian atau pemindahan tidak terbatas pada cara tersebut diatas, tetapi juga melalui menu terkait atau shortcut.
7. Membatalkan atau Mengulang Perintah
Adakalanya perintah yang telah kita lakukan ternyata salah atau tidak dibutuhkan. Untuk membatalkan perintah sebelumnya, kita cukup menekan tool (undo) atau dari menu EDIT-UNDO atau menekan shorcut Ctrl + Z.
Sedangkan untuk mengulang perintah sebelumnya, kita menekan tool (redo) atau dari menu EDIT-REPEAT atau menekan shortcut Ctrl + Y.
MATERI
¥Buka Ms. Word.
¥Membuat Folder
¥Menyimpan File
¥Memblok dan Mengkopi
¥Membatalkan dan Mengulang Perintah
Petunjuk :
- Buka Ms. Word → START-PROGRAMS-MS.WORD
- Ketik teks dibawah ini!
AWAS DATA ANDA HILANG
Bagi banyak pemakai komputer, terutama kalangan awam,
kegiatan back-up memang bukan merupakan prioritas
utama. Karenanya bukan hal mengejutkan bila sebagian
besar pemakai komputer tidak pernah melakukan hal
penting ini. Padahal fasilitas back-up sudah tersedia dalam Windows.
Bayangkan, seandainya tiba-tiba anda tidak bisa mengakses
data penting tersebut karena komputer anda terserang virus
atau harddisk rusak. Repot bukan? Apalagi bila data tersebut
diperlukan untuk presentase satu jam lagi.
- Kemudian simpan dengan nama Praktikum-1.doc pada C:\My Document\{folder kalian}
v FILE-SAVE
v Pada Folder My Document, klik icon Create New Folder, ketikan nama kalian.
v Simpan dengan nama Praktikum-1.doc pada File Name.
v Perhatikan Title Bar yang sudah berubah namanya menjadi Praktikum-1.
- Blok mulai Bagi banyak …. …….dalam Window. Diblok dengan memakai mouse atau melalui keyboard.
- Kopikan teks yang terblok tersebut kebawahnya, praktekkan pengkopian dengan cara memakai mouse, melalui menu bar, toolbar dan menu terkait, sehingga teks itu terkopi menjadi beberapa paragraf.
- Praktekkan cara membatalkan perintah dengan UNDO dan mengulang perintah tersebut dengan REDO.
- Simpan kembali file tersebut.
MATERI
¥Buka Ms. Word.
¥Membuka File Lama dan File Baru.
¥Menyimpan dengan nama file baru.
¥Memindahkan teks.
1. Buka file sebelumnya yait Praktikum-1.doc.
2. Pada file Praktikum-1.doc salah satu paragraf lalu pindahkan :
a. Ke halaman berikutnya
v menu Insert-Break-Page Break
v Lalu tampilkan paragraf tersebut
- Ke File yang baru
v Buka file baru, File-New atau Ctrl-N.
v Lalu tampilkan paragraf tersebut
v Simpan file tersebut dengan nama Copy Praktikum-1.doc pada folder yang kalian buat.
v Tutup File tersebut File-Close.
3. Praktekkan cara memindahkan teks yang terblok dengan mouse, keyboard atau tollbar.
4. Simpan file Praktikum-1.doc dengan nama lain yaitu Praktikum-2 dengan memilih Save As pada menu File.
5. Tutup file tersebut.
6. Lalu buka kembali File Praktikum-1.doc dan File Praktikum-2.doc dan Copy Praktikum-1.doc
7. Untuk berpindah file → menu Window – (Pilih nama filenya)
Tugas :
- Menurutmu apa sih komputer itu? Dan apa gunanya?
………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Dari ketiga file yang kalian buat tersebut jelaskan perbedaannya!
…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
Anda bisa memformat sebelum atau sesudah pengetikan. Bila memformat setelah pengetikan, teks/karakter/huruf/paragraf harus dalam keadaan terblok! |
File yang kita buat harus diformat, sehingga hasil akhirnya menjadi lebih baik. Dalam Word Processor, yang dimaksud dengan teks ialah karakter atau kumpulan dari karakter. Misalnya huruf, angka, kata, kalimat, paragraf.
A. FORMAT TEKS/KARAKTER/HURUF
1. Mengatur Huruf
Format teks/karakter/huruf terdapat pada Menu FORMAT-FONT atau toolbar Formatting.
Macam-macam garis bawah |
Ukuran huruf |
Agar huruf tercetak tebal, miring, biasa |
Memberi efek pada huruf, dengan mengklik kotak kecil disampingnya |
Warna huruf |
Jenis huruf |
2. Drop Cap
Drop Cap : digunakan bila kita menginginkan huruf diawal kalimat berukuran besar. Drop Cap terdapat pada menu FORMAT-DROP CAP.
Untuk menghapus format Drop Cap |
Letak Drop Cap tidak sejajar dengan teks atau terletak di dalam margin seperti posisi hanging indent |
Jarak antara drop cap dengan teks sesudahnya |
Jumlah baris dimana Drop Cap berada |
Letak Drop Cap seperti first line atau berada sejajar dengan baris sesudahnya di dalam paragraf |
3. Change Case
Digunakan untuk mengatur besar kecilnya huruf/kapital atau non kapitalnya huruf.
1. Sorot teks yang akan diubah.
2. Klik perintah CHANGE CASE dari menu FORMAT.
Setiap karakter di awal kalimat menjadi kapital |
Huruf diubah menjadi non kapital |
Huruf diubah menjadi kapital |
Setiap karakter di awal kata menjadi kapital |
Huruf diubah asalnya kapital menjadi non kapital dan sebaliknya |
4. Format Painter
Digunakan untuk mengkopi format yang terdapat pada teks, paragraf atau suatu objek. Misalnya suatu teks dikenal format bold, Font = Verdana, Size 48, maka jika format tersebut ingin dilakukan pada teks yang lain, kita hanya mengkopi formatnya saja tanpa mengubah isi teksnya.
v Teks yang ada format tersebut diblok lalu tekan tools
v Arahkan pointer mouse ke teks yang akan diformat.
v Sorot teks yang akan diubah tersebut.
B. FORMAT PARAGRAF
Format paragraf berfungsi untuk mengatur perataan (Justification) dari teks dalam hal ini paragraf, spasi, indent dan margin.
Komputer mengenal teks sebagai paragraf apabila beberapa kalimat itu selesai ditik lalu tekan enter (¿).
1. Mengatur Indent dan Spasi
a. Mengatur Indent melalui Menu
Format paragraf terdapat pada menu FORMAT-PARAGRAF.
Margin : Batas teks dengan tepi kertas di sebelah kiri atau kanan atau atas atau bawah.
Indent : Jarak teks dengan margin.
Left Indent : Jarak teks dengan sebelah kiri margin.
Right Indent : Jarak teks dengan sebelah kanan margin.
Hanging Indent : atau indent gantung, teks yang baris kedua dan seterusnya menjorok ke dalam. Jarak indent gantung pada paragraf tergantung dari angka yang dimasukkan pada By.
First Line : Teks yang baris pertamanya menjorok ke dalam. Jaraknya tergantung dari angka yang dimasukkan pada By.
Menentukan spasi dalam paragraf, pilihannya : single, double, 1,5 lines, multiple |
Untuk perataan paragraf, pilihan pada box ini fungsinya sama dengan toolbar ini
|
Menentukan jarak spasi dibawah baris terakhir paragraf |
Menentukan jarak spasi diatas baris pertama paragraf |
b. Mengatur Indent dengan menggunakan Ruler Maker
Pada ruler, kita dapat menggunakan Left Indent Marker, Right indent Marker, dan First Line Indent Marker untuk mengatur indent paragraf. Kita cukup menggesernya dengan mouse pada posisi yang diinginkan.
Sorot ini hingga keluar « untuk menggeser Right Margin |
Sorot, hingga keluar « untuk menggeser Left Margin |
First Line Indent Marker |
Right Indent Marker |
Left Indent Marker |
2. Tabulasi
Tabulasi berfungsi untuk memindahkan kursor pada posisi yang kita inginkan pada lembar dokumen kita dengan cara menekan tab pada keyboard. Kita tidak usah menekan tombol spasi berulang-ulang.
Agar kursor berada pada posisi yang kita inginkan, kita harus menempatkan simbol tab pada RULER pada posisi yang diinginkan dengan cara mengklik ruler dengan mouse atau melalui kotak tabs.
Perhatikan gambar dibawah ini !
Pengubah tab simbol |
Tab simbol |
simbol tabulasi akan berubah bila kita mengklik Pengubah Tab simbol menjadi tabulasi yang diinginkan.
Perintah ini ada pada menu FORMAT-TABS
Tabulasi diset pada posisi seperti yang tertera apabila kita menekan tombol tab di keyboard |
Menghapus salah satu di tabulasi |
Menghapus semua tabulasi. Menghapus tabulasi juga bisa dilakukan dengan cara mendrag tab simbol keluar area ruler |
Menekan tombol ini berarti kita telah menyiapkan atau menset tabulasi pada posisi, aligment dan leader yang diinginkan |
Menunjukkan tabel di ruler |
Kondisi teks ketika berada pada posisi tab Left ë : teks rata kiri Right û : teks rata kanan Center^ : teks berada ditengah Decimal ^º : untuk penempatan angka desimal Bar ½ : menempatkan garis pada dokumen |
Pembuatan tabulasi dilakukan dengan 2 cara :
a. Tabulasi disiapkan terlebih dahulu baik dengan mouse atau melalui kotak dialog tab.
b. Tabulasi dibuat setelah teks dibuat, dalam hal ini teks yang dibuat harus dipisahkan dengan menekan tombol tab pada keyboard lalu dilanjutkan dengan pengetikan teks lagi. Untuk menempatkan tabulasi, teks tersebut diblok terlebih dahulu.
C. MENCETAK FILE
Untuk melihat keseluruhan dokumen yang kita buat, file dapat kita lihat melalui layar monitor atau dari hasil cetak ke kertas.
1. Mencetak ke layar
Untuk mencetak dokumen ke layar melalui menu File-Print preview atau mengklik toolbar . Pada layar Print Preview, terdapat toolbar yang digunakan untuk fasilitas ini. Bila toolbar itu disorot dengan mouse selama beberapa saat, akan muncul arti dari tools tersebut. Antara lain :
a. Full Screen : tool ini untuk memperbesar hasil cetakan, tanpa ada menu bar atau toolbar yang dapat menghalangi pemandangan mata.
b. Multiple Page : agar halaman pada file tercetka lebih dari satu.
c. One Page : agar hanya satu halaman yang tercetak dilayar.
d. Magnifier : tool ini digunakan untuk toggle zoom in zoom out mode.
e. View Ruler : untuk menyembunyikan atau menampilkan ruler.
f. Zoom Control : untuk mengontrol besar kecilnya zoom.
g. Print : untuk mencetak dokumen melalui printer.
2. Mencetak ke Printer
Pada file yang akan dicetak buka perintah PRINT dari menu FILE. Atau pilih dari toolbar. Sehingga muncul kotak dialog seperti dibawah ini :
Untuk setting printer |
Mencetak hanya teks yang terblok |
Tentukan jenis printer |
Ketik atau pilih jumlah pencetakan akan diulang |
Mencetak seluruh dokumen |
Mencetak halaman tertentu yang berisi kursor |
Mencetak halaman yang kita tentukan |
Digunakan untuk menentukan urutan pencetakan : All pages in range : mencetak halaman semua halaman. Odd Pages : mencetak halaman bernomor ganjil. Even Pages : mencetak halaman bernomor genap. |
Pilih jenis informasi yang akan dicetak, untuk menampilkan daftar informasi klik anak panah disampinnya. |
MATERI
¥Menggunakan Fasilitas Font
¥Membuat Drop Cop
Petunjuk :
|
¥Format Painter
EDPS
EDPS adalah singkatan dari Electronic Data Processing System. Yang dimaksud dengan EDPS adalah segala sesuatu mengenai komputer. EDPS terdiri dari 3 bagian, antara lain : Hardware, Software, dan Brainware.
Hardware disebut juga dengan perangkat keras, yaitu segala sesuatu mengenai perangkat keras daripada komputer itu sendiri. Misalnya : monitor, printer, modem dan lain-lain.
Sofware adalah program-program untuk menunjang perangkat keras. Sofware disebut juga dengan perangkat lunak. Sebagai contoh Ms. Word, Lotus, Pascal, Ms. Excel dan lain-lain.
Brainware adalah pemakai komputer itu sendiri, disebut juga dengan User. (ketiganya disebut EDPS yang tidak bisa dipisahkan).
Tugas :
Jelaskan semua effect pada box FONT disertai contohnya masing-masing!
………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
MATERI :
¥Praktek Tabulasi
¥Pindah Halaman Insert-Break
Petunjuk :
- Buka file Format Dokumen.doc
- Pindahkan ke halaman yang kosong di file itu.
- Format tabulasi seperti pada contoh dibawah ini dengan menggunakan mouse.
|
10 2 300 |
Hyundai Volvo Suzuki |
30.000.000,00 200.000.000,00 3.500.000,00 |
Mobil Mobil Motorcycle |
4. Pindahkan kursor ke halaman kosong berikutnya, hapus tabulasi dengan mendrag keluar ruler area dengan mouse.
5. Melalui kotak dialog TABS, seting tabulasi untuk kebutuhan teks dibawah ini! Posisinya terserah kamu
FORMULIR PENDAFTARAN
Nama lengkap : …………………………………………………………………………………………………
Kelas : …………………………………………………………………………………………………
Alamat : …………………………………………………………………………………………………
Bidang studi yang dipelajari :
Ms. Word Ms. Excel Pengenalan Internet |
10 jam 15 jam 5 jam |
60.000,00 120.000,00 25.000,00 |
6. Simpan praktikum ini pada dokumen yang sama yaitu Format Dokumen.doc
Tugas :
1. Pada file Format Dokumen.doc terdapat beberapa latihan praktikum. Jelaskan bagaimana caranya anda menyimpan beberapa latihan praktikum ini dengan nama file yang sama!
………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………
2. Jelaskan penempatan tabulasi pada FORMULIR PENDAFTARAN, yang telah kalian lakukan !
………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………………
MATERI :
¥Menggunakan Format Paragraf
¥Memformat halaman
¥Menggunakan Change Case
Petunjuk :
1. Buka file Format Dokumen.doc
2. Ketik teks seperti contoh diatas dihalaman kosong berikutnya pada file itu.
Mengenal Windows
Windows adalah program berupa sistem operasi yang fungsinya antara lain mengendalikan perangkat keras (komputer) dengan menampilkan antar muka yang berupa gambar (icon) dan dilengkapi tulisan untuk memudahkan bagi pemakai dalam mengoperasikan program.
Sistem icon ini sangat memudahkan pemakai, sehingga mayoritas software aplikasi yang ada sekarang menggunakan icon untuk pemilihan proses yang akan dijalankan. SEBUAH ICON MEWAKILI PROSES.
Program-program yang anda gunakan pada komputer ini tersimpan dalam media penyimpanan yang disebut Harddisk. Kapasitas harddisk yang dipasang sangat besar sehingga dapat menyimpan data yang jumlahnya ribuan.
Supaya bermacam jenis file dari berbagai program tersebut tidak bercampur menjadi satu, maka masing-masing program dikelompokkan pada “kamar-kamar” yang disebut folder.
Jumlah folder yang bisa dibuat pada dasarnya tidak terbatas tergantung dari kapasitas harddisk yang digunakan. Didalam folder boleh dibuat folder lagi.
3. Gunakan FORMAT-PARAGRAF untuk mengatur indent, spasi dan alignment
4. Gunakan Change Case untuk :
a. mengkapitalkan judul naskah.
b. non kapitalkan SEBUAH ICON MEWAKILI PROSES.
c. kapitalkan huruf yang non kapital dan sebaliknya pada teks “di DALAM…LAGI”
5. FORMAT HALAMAN tersebut :
a. Atas dan bawah = 4 cm
b. Kiri dan kanan = 5 cm
c. Jenis kertas A4
d. Arah pencetakan = mendatar / landscape
6. Simpan Praktikum ini pada disket atau folder di hardisk dengan nama yang sama!
|
A. BULLETS DAN NUMBERING
Pada Ms. Word kita bisa membuat penomoran (numbering) atau pemberian tanda atau simbol (Bullets) pada paragraf yang kita buat. Bullets dan Numbering bisa dilakukan setelah paragraf dibuat atau sebelum dibuat.
Bila kita membuat penomoran sebelum teks dibuat, kita tinggal mengetikkan nomornya lalu diberi titik dan spasi kemudian ditik teksnya. Bila kita enter maka penomoran selanjutnya akan terbuat secara otomatis.
Perintah Bullets and Numbering terdapat pada Menu FORMAT-Bullets and Numbering. Atau dari toolbar dengan menekan tool untuk penomoran atau untuk bullets.
1.
|
Bullets
Pemilihan Bullets dengan cara mengklik salah satu menunya.
Bila simbol pada box tersebut tidak sesuai maka kita bisa memilih Picture untuk memilih gambar atau Customize.
v Indent at pada Bullet Position : digunakan untuk menentukan jarak bullets dengan indent text.
v Indent at pada text Position : untuk menentukan jarak teks dengan bullets.
v Tombol Bullet : digunakan apabila bullet yang diinginkan tidak terdapat pada box bulleted.
2. Numbering
v Font : untuk memformat huruf yang akan dipakai untuk nomor
v Number style : untuk memilih bentuk angka yang digunakan.
v Start At : untuk menentukan awal penomoran misalnya mulai no.3
v Aligned At : menentukan jarak nomor dengan indent teks
v Indent At : menentukan jarak nomor dengan teks sesudahnya.
3. Outline Numbered
Digunakan untuk penomoran bertingkat atau berjenjang.
Level : menentukan jenjang penomoran
Misal : Level 1 number stylenya 1), 2), 3), …..
Level 2 number stylenya a), b), c) …. Dst
Pada toolbar terdapat tools yang digunakan untuk penomoran berjenjang ini yaitu :
v (decrease indent) untuk memajukan satu level sesudahnya atau memajukan indent bila digunakan pada teks yang tidak terdapat bullet dan numbering.
v (increase indent) untuk memundurkan satu level sebelumnya atau memundurkan indent bila digunakan pada teks yang tidak terdapat bullet dan numbering.
Contoh :
Bullet & Buku jendela dunia & Rajin pangkal pandai & Aku cinta buku, aku cinta ilmu |
Outline Numbered 1. Level 1 a. level 2 b. masih level 2 Ø level 3 2. Level 1 lagi a. Level 2 lagi Ø level 3 lagi lhoo Ø masih level 3 3. Level 1 ini mah |
Numbering 1) satu nusa satu bangsa 2) satu bahasa Indonesia 3) satu bangsa Indonesia |
B. BORDER AND SHADING
Border : bingkai
Shading : bayangan sebagai latar belakang dari text.
Terdapat pada menu FORMAT-BORDER AND SHADING
1. Border
Klik salah satu menu untuk memilih box Border, Page Border atau Shading
Warna untuk garis atau bingkai |
Pilih salah satu setting bingkai yang diinginkan |
Menentukan ketebalan garis |
Pilih salah satu line atau garis untuk membingkainya |
Pembingkaian untuk paragraf atau text |
Menampilkan garis dengan gambar tertentu |
Menampilkan toolbar border and shading |
Options : menentukan jarak atas, bawah, kiri, kanan bingkai dengan teks, bila diklik muncul kotak seperti dibawah ini :
2. Shading
Pewarnaan untuk paragraf atau text |
Memberikan efek tertentu pada warna latar belakang teks |
Mewarnai latar belakang teks sesuai pilihan |
3. Page Border
Page Border dimaksudkan untuk membingkai halaman.
Pada page border, item yang terdapat didalamnya sama dengan BORDER, dan ada satu item tambahan yaitu Art, yang berisi beberapa gambar untuk membingkai halaman.
C. KOLOM KORAN
Kolom koran dapat dibagi dengan 2 cara, yaitu melalui toolbar dan menubar.
1. Kolom Koran dengan Toolbar
a. Blok teks yang telah dibuat dan ingin dijadikan kolom koran
b. Klik tool , sehingga tampilan dilayar seperti ini
c. sorot 2 atau beberapa kolom itu dengan mouse.
d. Pada saat kita melepaskan mouse, tampilan teks dilayar terbagi menjadi beberapa kolom tergantung pilihan kita.
2. Kolom Koran dengan Menu Bar
a. Blok teks yang ingin dijadikan kolom koran.
b. Klik perintah COLUMS dari menu FORMAT.
Aktifkan pilihan ini jika menginginkan garis pembatas antar kolom |
Jarak spasi antar kolom secara manual |
Jumlah kolom yang diinginkan |
Menentukan format kolom koran |
Aktifkan pilihan ini jika menginginkan lebar setiap kolom sama |
Lebar kolom |
Menentukan bagian dari dokumen yang akan kita format sebagai format kolom koran, pilihannya : Whole Document, Selected Text, This Point Foreward, Selected Section, This Section (lihat Format Halaman : 4) |
D. HEADER AND FOOTER
Header : hiasan atau keterangan disetiap halaman yang terletak dibagian paling atas. Posisi Header berada diantara tepi teks atas dengan tepi kertas.
Footer : hiasan atau keterangan disetiap halaman yang terletak dibagian paling bawah. Posisinya berada diantara tepi teks bagian bawah dengan tepi kertas.
Header and Footer ada pada menu VIEW
Footer Area |
Toolbar Header & Footer |
Header Area |
Pada Toolbar Header and Footer terdapat tombol-tombol, bila disorot oleh mouse beberapa saat muncul namanya sebagai berikut :
a. Insert Autotext : menyisipkan auto text
b. Insert Page Number : menyisipkan nomor halaman. Perintah ini pun terdapat pada menu INSERT-PAGE NUMBER.
Letak penomoran dikiri, tengah atau kanan |
Bila aktif maka nomor dihalaman pertama ditampilkan |
Format nomor halaman |
Menentukan posisi penomoran di Header atau Footer |
c. Insert Number of Pages : menyisipkan jumlah halaman
d. Format Page Number : memformat nomor halaman
Mulai penomoran |
Memilih format nomor halaman |
Bila aktif, penomoran dilanjutkan dari section sebelumnya |
Bila aktif, penomoran berdasarkan style dokumen |
e. Insert Date : menyisipkan tanggal.
f. Insert Time : menyisipkan waktu.
g. Page Setup : seting halaman, margin, kertas.
h. Show/Hide Document Text
i. Same as Previous : bila dalam satu dokumen terdiri dari beberapa section, jika diaktifkan tombol ini maka section format section ini akan sama dengan section sebelumnya.
j. Switch Between Header and Footer : pindah dari header area ke footer area atau sebaliknya.
k. Show Previous : menampilkan halaman atau section sebelumnya.
l. Show Next : menampilkan halaman atau section berikutnya.
Mengedit Header and Footer dilakukan dengan cara mendouble klik header area and footer area atau kembali membukanya dari menu VIEW.
E. FOOTNOTE
Footnote : catatan kaki untuk memberikan informasi mengenai sumber penulisan, penulis dan sebagainya, dengan ditandai dengan penomoran atau simbol.
Bila disorot dengan mouse beberapa saat tanda catatan kaki tersebut akan muncul informasinya. Terdapat pada menu INSERT-FOOTNOTE.
Format nomor catatan kaki |
Menentukan letak catatan kaki |
Jika aktif, catatan kaki ditampilkan diakhir dokumen |
Jika aktif, catatan kaki ditampilkan dibawah |
Jika aktif kita dapat menggunakan simbol sebagai tanda catatan kaki |
Jika aktif, pada saat kita melakukan penghapusan, penambahan atau pemindahan catatan kaki maka Word akan otomatis melakukan penomoran ulang catatan kaki. Untuk merubah format penomoran bisa dipilih dengan menggunakan tombol options. |
MATERI :
¥Bullet, Numbered dan Outline Numbered
Petunjuk :
- Ketik teks dibawah ini pada file kosong!
- Lakukan penomoran atau pembulettan sesudah pengetikan teks atau sebelum pengetikan, terserah kalian. Kalau dilakukan setelah pengetikan, teks diblok dahulu kemudian lakukan format bullet dan numbering.
Contoh Bullet :
& Buku jendela dunia
& Rajin pangkal pandai
& Aku cinta buku, aku cinta ilmu
Contoh Numbered
1) satu nusa satu bangsa
2) satu bahasa Indonesia
3) satu bangsa Indonesia
Contoh Outline Numbered
1. Level 1
a. level 2
b. masih level 2
Ø level 3
2. Level 1 lagi
a. Level 2 lagi
Ø level 3 lagi lhoo
Ø masih level 3
b. Kembali ke level 2
3. Ke Level 1 lagi
3. Simpan dengan nama Bullet-Numbering.doc pada disktet atau folder di harddisk kalian.
Tugas :
Pilihan mana yang kalian lakukan? Pengetikan teks dulu lalu format bullet and numbering atau format bullet and numbering lalu pengetikan teks? Jelaskan alasan pilihan kalian!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
MATERI : ¥Bullet, Numbered dan Outline Numbered ¥Border, Page Border and Shading
Petunjuk :
Tahun lalu gaung kemeriahan Internet di negara kita terdengar lebih keras. Dalam kurun waktu 1 tahun (1995), empat penyedia jasa internet mulai beroperasi dan bergerak cepat. Para penyedia jasa internet optimis menggaet lebih banyak pelanggan. Salah satu diantara mereka memprediksikan bahwa tempo beberapa tahun mendatang, dari negara kita terjaring ribuan pemakai.
PENOMORAN BERJENJANG
MODUL 1 Pengenalan Ms. Word a. Mengenal tampilan Ms. Word b. Operasi Dasar Ä Membuka file Ä Memblok MODUL 2 Format Dokumen a. Format huruf/karakter/teks Ä Drop Cap Ä Change Case b. Format Paragraf Ä Mengatur Indent dan Spasi Ä Tabulasi MODUL 3 Menghias Dokumen
5. Simpan dengan nama yang sama yaitu Bullet-Numbering.doc |
MATERI :
¥Membuat Kolom Koran
¥Mengulang Drop Cap
¥Memberi jarak antar Paragraf melalui Box Paragraf
Petunjuk :
- Ketik teks dibawah ini pada file kosong
- Paragraf 1-2 menggunakan spasi 1,5 jarak antar paragraf sebelum dan sesudahnya 6 point.
- Jenis huruf bebas
The Clever Farmer
Part 1
T |
Here was once a farmer who lived in poverty. He was always think of ways to get rich. One day had an idea. He took a rooster to the palace and gave it to the King as a gift.
Upon receiving the gift, the king laughed and said,”Poor man, a rooster is a really a very small present for my family, You see, there are six of us: me, my wife the queen, my two sons and my two daughters, How can we all share one rooster?”The farmer replied boldly,”Your Majesty, I can solve this problem. Give me a knife and I will cut up the bird so that you can all share it”. The King was surprised by the farmer’s reply and ordered a servant to give the farmer knife.
First the farmer cut off the head of the rooster and offered it to the King saying,”Your Majesty is the head of the state, so please accept the bird’s head as your share”. Then he cut the meat from the back of the rooster and said.”This is for the Queen who bears the burden of the household duties on her back”. Next he cut off the rooster’s two legs and offered them to the two princes, saying,”These legs are for Your Majesty’s so, who will foolow in your footsteps as ruler’. After cutting off the bird’s two wings, he said, “Let Your Majesty’s two daughter each take a wing since they will marry one they and fly away with her husband. The rest of the bird is my share, for I am Your Majesty’s guest, and it’s the host duty to give his guest whatever extra food he has”.
MATERI :
¥Memberi Header and Footer
¥Membuat Catatan Kaki
¥Memberi Border pada Header and Footer
Petunjuk :
- Buka file Kolom Koran.doc
- Pindahkan ke halaman kosong berikutnya, lalu ketik teks dibawah ini
- Gunakan spasi 1,5 dan jarak antar paragraf sebelum dan sesudahnya 12 point.
The Clever Farmer
Part 2
Hearing the farmer’s clever reply, the King was very pleased. He rewarded he man with gold, silver and precious stones. A rich man now, the farmer went home.
Soon the people in the village heard about his experience, in the same village lived a very greedy man. He thought he could do better than the farmer did. He took five roosters to the palace. He said to the King,”I have come to give these five rooster’s to Your Majesty as a present”.
- Berikan hiasan pada header and footer seperti contoh header and footer dipraktikum ini. Nomor halaman mulai nomor 1.
- Berikan catatan kaki pada Former ditandai dengan simbol (terserah kalian), pada Greedy dan Rooster ditandai dengan nomor.
- simpan kembali file ini dengan nama yang sama.
Tugas :
Perhatikan Header and Footer serta Footnote! Jelaskan perbedaan diantara keduanya!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
A. MENCARI TEKS
Untuk mencari teks dalam dokumen atau menempatkan kursor pada posisi tertentu dengan cara cepat dilakukan melalui cara :
1. Melakukan perintah EDIT-FIND.
2. Menggunakan Shortcut CTRL+F
3. Mengklik tools pada toolbar
Dari perintah tersebut, kemudian muncul kotak dialog FIND
Arah pencarian atas, bawah atau seluruh dokumen |
Button ini untuk mulai pencarian teks atau mencari teks selanjutnya |
Ketik teks yang dicari |
Untuk mencari teks lebih spesifik lagi, kita dapat mengaktifkan salah satu atau beberapa item pada Search.
1. Match Case : jika aktif maka pencarian teks antara huruf kapital dan huruf non kapital dibedakan tergantung pengetikan teks itu pada box FIND WHAT. Contoh : kita mencari kata KOPI jika pada dokumen terdapat kopi maka tidak terpilih.
2. Find Whole Words Only : jika aktif maka pencarian hanya pada teks yang utuh atau bukan bagian dari teks. Contoh : kita mencari KOPI maka jika pada dokumen terdapat kata MENGKOPIKAN, tidak akan terpilih.
3. Sound Like : jika aktif maka pencarian pada teks yang pengucapannya sama meski penulisannya berbeda. Contoh : mencari kata COPY jika pada dokumen terdapat kopi maka akan terpilih.
4. Use Wildcards : jika aktif, kita bisa menyisipkan karakter tertentu untuk mencari teks, misalnya karakter *, ?, []. Contoh : kita mencari S?TU, pencarian akan berhenti pada SATE, SUTE, SOTE. Keterangan lebih lanjut buka Help atau tekan F1.
B. MENGGANTI TEKS
Mengganti sebuah teks dalam dokumen dengan cara cepat dilakukan melalui cara :
1. Melakukan perintah EDIT-REPLACE
2. Menggunakan Shortcut CTRL+R
Dari perintah tersebut, kotak dialog yang muncul mirip dengan kotak dialog FIND.
Pilih, jika teks yang dicari atau diganti ingin dihapus formatnya |
Pilih, jika teks yang dicari atau diganti mempunyai format tertentu |
Ketik teks pengganti |
C. MENUJU KE HALAMAN TERTENTU
Untuk menempatkan kursor pada posisi yang kita inginkan, kita bisa melakukan perintah ini :
1. Melalui menu EDIT-GO TO
2. Melalui shortcut CTRL+G
Kotak doalog muncul seperti dibawah ini :
Ketik nomor yang dituju |
Klik button ini jika siap |
Jika pencarian dikhususkan untuk halaman, section, Footnote, dan lain-lain dipilih saja |
Perintah FIND, REPLACE, GO TO berada pada kotak dialog yang bersatu, kita tinggal memindahkan ke salah satu panel yang kita maksud.
D. AUTOCORRECT
Bermanfaat untuk melakukan editing dokumen secara otomatis, untuk mengatur AutoCorrect pilih AUTOCORRECT dari menu TOOLS.
Aktifkan salah satu item atau beberapa item (misalnya : diklik dengan mouse) untuk mengedit secara otomatis terhadap teks yang kita buat, tanda aktif berupa tanda X pada kotak kecil disampingnya.
Agar efek dari autocorecct ini diabaikan untuk teks tertentu klik button ini |
Mengkapitalkan huruf pertama diawal kalimat |
Memperbaiki posisi kapital dan non kapital karena kesalahan aktifnya Caps Lock |
Kesalahan pengetikan kata segera tergantikan dengan kata yang kita buat |
Mengkapitalkan huruf awal nama hari dalam Bahasa Inggris |
Kesalahan dalam penulisan kapital 2 kali diawal kata segera diperbaiki |
E. AUTOTEXT
Digunakan untuk menyimpan teks yang sering kita gunakan ke dalam nama Autotext. Kita cukup memanggil nama autotextnya atau mengetik sebagian dari teks tersebut lalu dienter, maka teks itu segera terlihat pada dokumen.
Untuk membuat AUTOTEXT terdapat pada menu INSERT. Juga untuk memanggil nama autotext yang telah kita buat. Namun terlebih dahulu, teks yang akan dibuat autotext dalam keadaan terblok. Selain itu juga kita bisa menggunakan shirtcut Alt+F3 untuk membuat autotext.
Klik nama autotext |
Mengaktifkan autotext |
Ketikkan nama auto textnya. Pada preview terlihat teks yang terblok menjadi autotext |
MATERI
¥Find, Replace dan Go To
Petunjuk :
- Ketik teks dibawah ini :
- Lalu kopikan kebawah paragraf ini beberapa kali sehingga halamannya bertambah menjadi 3 halaman.
TRAGEDI HARI RAYA
Pada waktu aku sedang berjalan-jalan, aku melihat ke sebuah tempat tambal ban dan pada saat itu aku melihat ada seorang kakek yang sedang memompa ban. Tetapi, ada sebuah kesalahan yang sangat fatal yang dilakukan kakek dan diriku juga.
Pada saat kakek itu mengisi angin pada ban itu, aku diam didekatnya. Tiba-tiba ada suara telepon berbunyi dari rumah kakek itu, sang kakek menghampiri telepon itu dan mengangkatnya. Pada saat itu juga aku mengisi ban itu. Awalnya iseng tetapi aku isi terus. Akupun jadi kuatir tiba-tiba tidak berselang kakek itu datang untuk meneruskan pekerjaannya dan tiba-tiba ban itu meledak dekat kakek itu dan si kakek terpental dengan baju compang-camping akibat ledakan tadi. Banyak orang yang menghampiri untuk menolongnya dan memanggil mobil ambulans. Dengan rasa bersalah akupun ikut mengantar ke rumah sakit sambil mengurus perawatan si kakek, setelah kakek itu sembuh aku menemui kakek itu dan mengaku bersalah. Akupun minta maaf padanya.
- Cari dan ganti kata-kata berikut, ketikan pada box find what atau replace with sesuai dengan kata yang tercetak tebal dibawah ini!
a. Cari kata Pada dalam cerita tersebut gantikan semuanya dengan Ketika
b. Gantikan hanya kata Aku dengan Saya.
c. Ganti kata sa??h dengan oo
d. Ganti kata kwuatir dengan khawatir
- Simpan praktikum ini dengan nama Editing Dokumen.doc
Tugas :
Simpulkan hasil pekerjaan kalian pada nomor 3 :
a. ……………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………
b. …………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………
c. ……………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………
d. ………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………
MATERI :
¥Autocorrect dan Autotext
Petunjuk :
- Buka file Editing Dokumen.doc, dan pindahkan ke halaman yang kosong
- Ketik teks Prof. Ing. H. NAMAKU KAUCO BATANYA M.Sc lalu doblok dan tekan Alt+F3
- Ketikan nama autotextnya NAMAKU pada box Create Auto Text
- Pada baris yang kosong, ketikan NAMAKU lalu perhatikan teks yang berada diatasnya! Langsung tekan tombol enter.
- Cobalah membuat autotext dengan teks yang lain!
- Ketikan teks dibawah ini!
Kepala SLTP Negeri Kumasaya
Prof. Ing. H. NAMAKU KAUCO BATANYA, M.sc
- Blok teks tersebut, lalu buka Autotext dari menu Insert, simpan dengan nama autotext TTD.
- Panggil TTD dari menu Insert-Autotext
- Coba lagi membuat autotext dengan cara yang kedua tersebut!
- Buka Autocorrect dari menu Tools, non aktifkan semua tem didalamnya
- Ketikkan Dua Kapital apa yang terjadi? Lalu aktifkan item A, dan ketikan lagi teks yang sama. Jelaskan perbedaannya! ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Dibaris yang kosong, ketikan huruf pertama diawal kalimat. Aktifkan item B dan ketikan teks yang sama. Jelaskan perbedaannya! ………………….……………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………
- Dibaris berikutnya, ketikan Monday, Sunday, Friday lalu aktifkan item C dan ketikan lagi teks yang sama. Jelaskan kesimpulannya ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Aktifkan Capslock lalu ketikan teks KESALAHAN PAKE CAPSLOCK, aktifkan lagi item D lalu ketikan teks yang sama. Jelaskan perbedaannya! ……………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………
- Aktifkan item E pada box Replace ketikan teks yang sering salah ketik, misalnya unutk menjadi untuk dan sebagainya. Di area teks ketikan teks yang sering salah ketik tersebut! Jelaskan kesimpulannya ……………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………
|
Dalam Ms. Word terdapat fasilitas untuk tabel, yaitu melalui menu TABLE atau toolbar Tables and Borders dan dari menu terkait. Menu terkait akan berisi daftar fasilitas tabel dengan syarat tabel sudah ada dan kursor berada didalam tabel itu. Menu TABLE antara lain berisi tentang :
A. MEMBUAT TABEL
1. Draw Table
Membuat tabel secara manual dengan cara mendrag mouse sesuai keinginan kita. Namun terlebih dahulu kita mengaktifkannya melalui menu TABLE-DRAW TABLE atau mengklik tool
Menyisipkan kolom sebelah kiri |
2. Menyisipkan Tabel melalui Menubar
Menyisipkan kolom sebelah kanan |
Menyisipkan baris dibawahnya |
Menyisipkan baris sebelah atas |
Menyisipkan sel/ sebuah kotak |
Klik perintah melalui menu TABLE-INSERT-TABLE
Memunculkan box dialog untuk memformat bentuk tabel |
Lebar kolom sama atau diset manual |
Lebar kolom disesuaikan lebar teks area |
Lebar kolom disesuaikan dengan teks didalamnya |
Box Table Auto Format digunakan apabila tabel yang ingin kita buat lebih menarik dengan cara memilih format, pilihan kita akan terlihat pada kotak Preview.
3. Menyisipkan Table melalui Toolbar
Kolom |
Mengklik tool pada toolbar
Baris |
bila kita melakukannya melalui toolbar maka kita tinggal mendrag berapa jumlah baris atau kolom yang diinginkan. Sehingga tabel tersebut akan tertera pada dokumen.
4. Menghapus Tabel
Perhatikan tools yang berada disamping perintah itu, tools tersebut terdapat juga pada toolbar Tables and Borders.
Untuk menyisipkan, menghapus atau memberikan format pada tabel, kolom, baris atau sel, kita harus membloknya terlebih dahulu. Melalui perintah TABLE-SELECT-Table / Column / Rows / Cells. Atau membloknya dengan mouse.
5. Memperbesar / Memperkecil Kolom atau Baris
a. Dengan Mouse
v Sorot garis pembatas kolom hingga muncul anak panah ¬ ½½® lalu drag ke kiri atau ke kanan sesuai keinginan untuk memperbesar atau memperkecil kolom.
v untuk memperbesar/memperkecil baris, sorot pembatas baris hingga muncul anak panahnya lalu didrag ke atas atau bawah.
b. Melalui Menu TABLE
Keterangan ada pada Membuat Tabel melalui Menubar |
Besar kolom atau baris dibagi rata berdasarkan jumlah kolom atau baris |
Tools yang ada disamping perintah itu juga terdapat pada toolbar, sehingga kita bisa mengaktifkannya melalui toolbar.
B. MENGGABUNGKAN DAN MEMBAGI SEL
Merge Cell : Menggabungkan 2 sel atau lebih menjadi 1 sel menu. Table-Merge cell atau mengklik tool |
Cell : sebuah kotak pada tabel |
Split Cell : Membuat 1 sel terbagi menjadi beberapa sel = menu. Table-split Cell atau mengklik tool |
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
Penggunaan keyboard pada TABEL :
- Tombol TAB : pindah ke sel berikutnya atau menyisipkan baris baru.
- Shift+TAB : pindah ke sel sebelumnya.
- Ctrl+TAB : pindah ke tabulasi berikutnya dalam sebuah sel.
C. FORMULA
Seperti halnya pada Ms. Excel atau Lotus, tabel pada Ms. Word bisa digunakan untuk perhitungan meski terbatas. Rumus yang biasa digunakan antara lain adalah :
v = Average (range) : mencari rata-rata.
v = Sum (range) : menghitung jumlah
v = If (range) pengkondisian
v = Max (range) : mencari nilai tertinggi
v = Min (range) : mencari nilai terendah.
v atau perhitungan aritmetika secara langsung menggunakan operator * / + –
1 |
A B C D E
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Untuk bisa melakukan perhitungan tersebut kita harus mengaktifkan FORMULA pada TABEL.
Pilih format formulanya misalnya memakai Rp. |
Ketikan rumus perhitungannya contoh : =SUM(A1:C1) menyatakan sampai, atau mengetik rumusnya seperti ini : =A1=B1 |
Pilih fungsi yang diperlukan |
D. SORT DATA
Digunakan untuk mengurutkan data dari mulai terbesar ke data terkecil (Ascending) atau sebaliknya Terlebih dahulu, data yang diurutkan harus diblok.
E. TABEL PROPERTIES
Bila tabel ingin diberi border and shading |
Properties untuk Cell seperti memposisikan teks di dalam sel |
Properties untuk kolom |
Posisi teks sesudah tabel |
Menunjukkan posisi tabel |
Properties untuk baris |
F. CONVERT TABEL TO TEXT
Kita dapat melakukan konversi dari bentuk Tabel ke bentuk Text, caranya sebagai berikut :
1. Letakkan kursor di sembarang sel pada tabel.
2. Pilih TABLE-CONVERT –TABLE TO TEXT
Tentukan pembatas tiap kolom yang digunakan setelah tabel berubah menjadi text |
MATERI :
¥Membuat tabel melalui toolbar dan menubar
¥Merge dan Split Cells
¥Tabulasi
Petunjuk :
- Buat tabel melalui toolbar, 3 baris dan 2 kolom
- Lalu dengan Split Cells, jadikan tabel seperti dibawah ini dan isi datanya!
No |
Hari |
Bidang Studi |
Waktu |
1. |
Senin |
PPKN |
07.30 – 09.00 |
Matematika |
09.30 – 11.30 |
||
2. |
Selasa |
IPS |
07.30 – 09.00 |
Bahasa Inggris |
09.30 – 11.00 |
- Gunakan fasilitas tabel didalam menu TABLE, toolbar dan menu terkait!
- Dibawah tabel tersebut buat lagi tabel melalui menu TABLE, 3 baris 8 kolom
- Untuk berpindah sel, gunakan TAB begitu pun jika ingin menambah baris!
Nomor |
Nama Siswa |
Kelas |
Bidang Studi |
||||
Urut |
Induk |
PPKN |
MTK |
IPS |
B. Inggris |
||
1 |
03012 |
Ani |
2-A |
7,5 |
5,35 |
6,6 |
8,1 |
2 |
03021 |
Ano |
2-B |
8,25 |
5,2 |
7,33 |
7,12 |
3 |
03011 |
Beni |
2-C |
9,7 |
10,0 |
8,9 |
9,7 |
- Simpan dengan nama file TABEL.doc
Tugas :
Perhatikan Tabel ke-1! Dan sebutkan posisi sel dari data berikut ini !
- No : ……………………………………………………………………………………
- Senin : ……………………………………………………………………………………
- Selasa : ……………………………………………………………………………………
- PPKN : ……………………………………………………………………………………
- B. Inggris : ……………………………………………………………………………………
- 09.30 – 11.00 : ……………………………………………………………………………………
Perhatikan Tabel ke-2! Dan sebutkan posisi sel dari data berikut ini !
- Nomor : ……………………………………………………………………………………
- Nama Siswa : ……………………………………………………………………………………
- Bidang Studi : ……………………………………………………………………………………
- B. Inggris : ……………………………………………………………………………………
- Beni : ……………………………………………………………………………………
- 7,12 : ……………………………………………………………………………………
adakah kesulitan membuat merge cell atau split cell ? Jelaskan pendapat kalian! ! ………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
MATERI :
¥Menyisipkan kolom dan baris
¥Menggunakan Formula
Petunjuk :
- Buka file Tabel.doc
- Kopikan tabel ke-2 pada halaman ke-2 di file itu.
- Sisipkan kolom disebelah kanan tabel
- Sisipkan baris antara ano dan Beni dan tambahan 1 baris!
- Atur lebar kolom tabel dengan mouse, buat seperti tabel dibawah ini !
Nomor |
Nama Siswa |
Kelas |
Bidang Studi |
|
||||
Urut |
Induk |
PPKN |
MTK |
IPS |
B. Inggris |
6,89 |
||
1 |
03012 |
Ani |
2-A |
7,5 |
5,35 |
6,6 |
8,1 |
|
2 |
03021 |
Ano |
2-B |
8,25 |
5,2 |
7,33 |
7,12 |
(no. 10) |
4. |
03012 |
Cica |
2-D |
6,6 |
7,7 |
6,2 |
6,45 |
|
3 |
03011 |
Beni |
2-C |
9,7 |
10,0 |
8,9 |
9,7 |
|
|
|
|
|
(nilai min) |
(nilai max) |
|
|
|
- Urutkan data secara ascending dalam tabel berdasarkan kolom URUT !
- Buka FORMULA dari menu TABEL, hitung nilai akhir Ani, Ano dan Beni ! Nilai akhir adalah rata-rata ke-4 bidang studi, tentukan dulu posisi selnya!
- Hitung jumlah nilai pada nilai akhir!
- Tentukan nilai tertinggi untuk nilai Matematika dan Nilai terendah untuk nilai PPKN
- Untuk Cica, nilai akhir diisi dengan cara : (PPKN+Matematika)/2*Ips
- simpan praktikum ini dengan nama yang sama
Tugas :
Tuliskan rumus pada formula untuk :
- Nilai akhir Ani : …………………………………………………………………………
- Nilai akhir Ano : …………………………………………………………………………
- Nilai akhir Beni : …………………………………………………………………………
- Nilai akhir Cica : …………………………………………………………………………
- Jumlah nilai akhir ; …………………………………………………………………………
- Nilai max Matematika : …………………………………………………………………………
- Nilai min PPKN : …………………………………………………………………………
|
Mail Merge adalah surat gabung, maksudnya untuk pembuatan file ini, mesti ada 3 file yang saling terkait, yaitu :
- Main Document / Dokumen Utama adalah dokumen yang berisi konsep utama.
- Data Source adalah dokumen yang berisi sumber data.
- Merge Data to Document adalah dokumen hasil gabungan dari main document dan data source.
Ms. Word menyediakan fasilitasnya yaitu pada Menu TOOLS-MAIL MERGE.
Setelah terbuka Mail Merge Helper, ada beberapa pilihan pada item Main Document, yaitu :
Format Catalog |
Format Amplop |
Format Label Nama |
Format Surat Masal |
A. MAIN DOCUMENT UNTUK SURAT MASAL
1. Ketik isi surat pada dokumen yang akan dijadikan Main Document.
2. Pilih Form Letters dari button Create.
3. Selesai memilih akan muncul box
4. Active window : berarti kita akan membuat form surat pada file atau jendela editor yang sekarang sedang aktif.
5. New Main Document : Berarti form surat akan dibuat pada file yang baru.
B. DATA SOURCE UNTUK SURAT MASAL
Membuka data source yang pernah dibuat Data Source bisa dibuat di Ms. Excel. |
Membuat data source baru |
v Bila kita memilih Create Data Source
Menghapus field |
Ketikan identitas yang dibutuhkan, penulisan tidak boleh ada spasi, atau diawali angka |
Untuk menambah field, maka field nama tersebut akan pindah pada Field Names in Header Rows |
v Jika kita menekan ok, maka daftar field nama kita dijadikan data source atau sumber data. Kita menyimpan data source tersebut misalnya dengan nama file DAFTAR TEMAN.doc
v Kemudian akan keluar kotak dialog seperti dibawah ini :
v Edit Main Document : bila kita ingin mengedit dokumen induk atau dokumen yang berisi naskah surat.
v Edit Data Source ; bila kita ingin mengedit/mengisi sumber data, bila ditekan selanjutnya kita akan mengisi data pada kotak dialog Data Form.
Pada Main Document muncul toolbar yaitu Toolbar mail Merge.
Kata <<Nama>>, <<Kelas>> dan <<TTL>> tidak perlu ditik, nama field tersebut diambil dari tools insert Merge Fields pada toolbar. Lalu untuk menampilkan isi dari Nama, Kelas dan TTL, kita menekan
C. MERGE DATA TO DOCUMENT
Menampilkan hasil surat secara lengkap, klik tool (Merge to New Document). Atau dari Kotak Mail Merge Helper klik button Merge.
Jika jumlah record pada Data Source sebanyak 5 buah, maka document baru tersebut akan menampilkan 5 halaman yang berisi naskah surat yang sama dengan 5 isi data sumber yang berbeda.
MATERI
¥Membuat Surat Masal
Petunjuk :
1. Ketik naskah surat masal seperti terlihat pada halaman modul ini !
2. Simpan dengan nama Surat Masal-Main Document.doc
3. Ikuti prosedur pembuatannya seperti yang tertera pada modul.
4. Data source disimpan dengan nama file Daftar Undangan-Data Source.doc.
5. Pada Data Form isi datanya seperti dibawah ini!
Nama |
Kelas |
Tempat Tanggal Lahir |
Miranda Siti Subarkah |
|
Bandung, 12 Nopember 1980 |
Gultom Van Gogh |
|
Medan, 13 April 1983 |
Cilia Rauzane |
|
Mexico, 15 Mei 1983 |
Diva San Gracia |
|
Ujung Pandang, 20 Januari 1983 |
Sisilia Florentino |
|
Sunter, 1 Juli 1982 |
Eneng Eulis |
|
Kebon Cau, 3 Juni 1983 |
Dedeh Raudah |
|
Leuwi Panjang, 4 April 1980 |
Aseng Santana |
|
Cipeutag, 23 Juli 1982 |
Ching Chi Cing |
|
Beijing, 10 Mei 1983 |
6. Hasil jadi berupa gabungan atau merger main document dan data source disimpan dengan nama file surat Masal Jadi- Merger.doc
Tugas :
* Buat contoh mail merge berisi, undangan pernikahan atau khitanan atau sertifikat atau undangan lainnya. Yang ditujukan untuk 10 orang.
* Percantik undangan itu
* Simpan di dalam disket dan kumpulkan !
MATERI :
¥Mail Merge
¥Seluruh materi Ms. Word
Petunjuk :
1. Buatlah seperti contoh dibawah ini !
2. Data yang dibuat untuk data source adalah :
Nama |
No_Induk |
Lahir |
Tanggal |
Word |
Excel |
Power Point |
Aldorado Jhon |
111111111 |
Cipeundeuy |
2 Juli 1988 |
85 |
75 |
90 |
Ronaldo Diaz |
12121212 |
Sangkuriang |
3 Mei 1989 |
90 |
85 |
85 |
Siera Davison |
2323232 |
Cilembu |
14 Juli 1988 |
76 |
65 |
85 |
Peter Riyadi |
3434343 |
Cisangkan |
23 Juni 1988 |
90 |
95 |
80 |
- Percantik dengan Page Border, format huruf dan lain-lain
- Pada kolom Nilai Rata-rata, gunakan Formula
- simpan dengan nama file Konsep Piagam.doc untuk Main Document, Data Peserta.doc untuk Data Source, Piagam Penghargaan.doc untuk hasil jadinya.
MATERI :
¥Membuat surat masal
Petunjuk :
1. Ketik naskah surat masal seperti terlihat pada halaman modul ini !
2. Simpan dengan nama Surat Masal-Main Document.doc
3. Ikuti prosedur pembuatannya seperti yang tertera pada modul
4. Data source disimpan dengan nama file Daftar Undangan-Data Source.doc
5. Pada Data Form isi datanya seperti dibawah ini!
Nama |
Kelas |
Tempat Tanggal Lahir |
Miranda Siti Subarkah |
|
Bandung, 12 Nopember 1980 |
Gultom Van Gogh |
|
Medan, 13 April 1983 |
Cilia Rauzane |
|
Mexico, 15 Mei 1983 |
Diva San Gracia |
|
Ujung Pandang, 20 Januari 1983 |
Sisilia Florentino |
|
Sunter, 1 Juli 1982 |
Eneng Eulis |
|
Kebon Cau, 3 Juni 1983 |
Dedeh Raudah |
|
Leuwi Panjang, 4 April 1980 |
Aseng Santana |
|
Cipeutag, 23 Juli 1982 |
Ching Chi Cing |
|
Beijing, 10 Mei 1983 |
6. Hasil jadi berupa gabungan atau merger main document dan data source disimpan dengan nama file Surat Masal Jadi-Merger.doc
Tugas :
* Buat contoh mail merge berisi, undangan pernikahan atau khitanan atau sertifikat atau undangan lainnya. Yang ditujukan untuk 10 orang.
* Percantik undangan itu
* Simpan di dalam disket dan dikumpulkan
|
Microsoft Word menyediakan beragam fasilitas untuk pengolahan kata pada dokumen kita, diantaranya untuk mempercantik dokumen.
A. SYMBOL
Untuk menyisipkan simbol atau karakter tentu pada dokumen, kita memanggilnya dari menu Insert-Symbol
Bila ingin menyimpan symbol yang dipilih ke dalam shorcut Key |
Untuk menyisipkan symbol yang dipilih |
Memilih jenis huruf |
Bila simbol yang dipilih dijadikan salah satu item pada pengeditan otomatis. Contoh : Menyisipkan symbol & bisa dipanggil dengan mengetikkan < ½> atau teks lain yang didaftarkan sebelumnya untuk mengenali simbol ini. |
B. DRAWING
1. Toolbar Drawing
Fasilitas ini digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Terdapat toolbar khusus yang berisi fasilitas ini yaitu toolbar DRAWING. Jika tidak menemukannya, aktifkan toolbar ini di menu VIEW-TOOLBAR-DRAWING.
Untuk menggambar atau memformat gambar, klik tools yang terdapat pada toolbar tersebut.
1. Draw : didalamnya terdapat perintah antara lain :
v Group : untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu, tapi objek-objek tersebut harus dalam keadaan terpilih.
v Ungroup : agar satu kumpulan objek tersebut menjadi beberapa objek kembali.
v Order : untuk memposisikan objek, misalnya Bring in front of text agar objek berada didepan teks.
v Rotate or Flip : untuk memutar objek
v Edit Points : digunakan pada objek line (garis), pada garis tersebut diberi titik-titik sehingga garis dapat dibentuk sesuai keinginan kita.
v Change Autoshape : untuk memilih bentuk objek yang lain.
2. Select Objet : untuk memilih objek, ciri objek tersebut terpilih apabila disekelilingnya terdapat kotak-kotak kecil. Kotak kecil tersebut digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek dengan cara mendrag mouse. Dan bila pointer mouse diarahkan ke objek tersebut bentuk pointernya
3. Word Art : digunakan untuk mempercantik teks.
4. Dan beberapa tools lain yang digunakan untuk pewarnaan objek, pemilihan garis, bayangan dan sebagainya yang bisa dicoba sendiri.
Selain dari toolbar tersebut, memformat objek dilakukan dengan memilih perintah pada menu terkait.
2. Mengcopy dan Memindahkan Objek dengan Mouse
a. Memindahkan objek dengan mouse, cukup dengan mendrag mouse ke posisi yang diinginkan.
b. Mengcopy objek dengan mouse :
v Sorot objek yang akan dicopy dengan mouse.
v Tekan tombol Ctrl sehingga pointer mouse berubah menjadi
v Drag mouse ke tempat yang diinginkan, tombol Ctrl dan tombol mouse dilepas secara bersamaan.
MATERI :
¥Menyisipkan simbol
¥Menggambar objek
Petunjuk :
- Buatlah seperti contoh dibawah ini !
Mnyisipkan simbol antara lain : &, ², É dapat dengan mudah disisipkan pada teks dengan melalui menu Insert-Symbol.
STRUKTUR ORGANISASI
DIREKTUR |
MANAJER KEUANGAN |
MANAJER PEMASARAN |
MANAJER PERSONALIA |
SEKRETARIS |
2. Gunakan Edit Point untuk mengubah garis menjadi bentuk yang diinginkan
3. Gunakan Add Text untuk menyisipkan teks di dalam objek
4. Warnai, percantik objek tersebut !
5. Kelompokkan semua objek menjadi satu, dan kopikan ke tempat lain.
6. Simpan dengan nama Menggambar Objek.doc
LAMPIRAN
SHORTCUT KEY |
|
A. BERDASARKAN ALFABET |
|
Tombol yang ditekan |
|
Ctrl + A |
Memblok seluruh teks dalam dokumen |
|
Menebalkan teks |
|
Mengkopi teks atau gambar |
|
Menampilkan kotak dialog FONT |
|
Mengetengahkan teks atau objek |
|
Mencari teks tertentu (FIND) |
|
Menuju ke halaman / section tertentu (GO TO) |
|
Menggantikan teks dengan teks yang baru (REPLACE) |
|
Memiringkan teks |
|
Agar paragrap rata sebelah kiri dan kanan |
|
Hyperlink, menandai suatu teks yang mana bila diklik teks tersebut, kita berpindah ke teks yang lain atau file lain |
|
Agar paragrap rata sebelah kiri saja |
|
Membuat Indent paragraph dari kiri |
|
Membuka file baru yang masih kosong |
|
Membuka arsip file lama |
|
Mencetak ke printer |
|
Menghapus format pada paragraph |
|
Agar paragraph rata sebelah kanan |
|
Menyimpan file |
|
Membuat indent gantung |
|
Menggarisbawahi teks |
|
Paste, menampilkan teks atau objek hasil copy atau cut |
|
Keluar dari satu layer editor tapi tidak keluar dari program |
|
Memindahkan teks atau objek |
|
Mengulang perintah sebelumnya |
|
Membatalkan perintah sebelumnya |
|
|
B. MENGATUR SPASI |
|
Tombol yang ditekan |
Untuk |
Ctrl + 1 |
Membuat spasi tunggal |
Ctrl + 2 |
Membuat spasi dobel |
Ctrl + 5 |
Membuat spasi 1,5 |
Ctrl + 0 |
Memberi / menghapus satu baris kosong sebelum teks |
artikelnya mudah dipahami
thanks for share…
By: Tips word on Oktober 7, 2014
at 2:33 am
i like you asss
By: josh on April 27, 2016
at 1:24 am
Would you be interested in advertising that costs less than $40 every month and delivers hundreds of people who are ready to buy directly to your website? Please send me a reply here: jack5886tur@gmail.com to get more info.
By: Forest Spruson on Oktober 22, 2019
at 5:07 pm